Thursday, May 14, 2020

Sekian lama mencari cara menghilangkan atau menyembunyikan row dan kolom seperti gambar di atas muter muter ternyata hanya boleh di bilang sepele.
Walaupun sepele namanya belum ketemu caranya,apapun itu tetep gak ngeh atau paham.
Yang saya maksud di sembunyikan adalah kolom atau row yang tidak terpakai maka tidak akan terlihat di sheet yang ingin kita tampilkan,Point yang di dapat dengan cara ini adalah :

  • Membatasi user yang lain untuk tidak mengedit atau merubah dari template yang sudah kita siapkan ( Walaupun excell sendiri sudah di senjatai dengan password akan tetapi akan berbeda cerita saat file tersebut di SHARING untuk di pakai barengan )
  • Tampilan Sheet lebih terlihat rapi karena hanya kolom tertentu aja yang ingin kita perlihatkan
  • Untuk memyembunyikan rumus atau helper di excel .
Lha caranya gimana ternyata cukup mudah :
  1. Untuk menghilangkan Kolom yang akan kita hidden sorot dari kolom teratas dan pencet tombol CTRL+SHIFT+ ( Tanda Panah Kekanan ),ini cara yang tercepat yang biasa saya pakai .....,yang cara lambat ya di sorot perkolom memakai mouse sampai ujung batas si sheet tersebut
  2. Untuk menghilangkan row excel prinsip kerjanya sama hanya mengganti tanda panah ke kanan di ganti dengan tanda panah ke bawah ,
  3. Atau Sorot Batas awal row yang akan di hidden ,pencet tombol CTRL+SHIFT+Tanda panah ke bawah.
Hmmm ...cukup simple namun efektif untuk mempercantik tampilan laporan di excell......


Related Posts:

  • Link data spreadsheet dari MS.Office 2016 ke excel di PC atau laptopPagi sobat excel,Sebelumnya saya pernah share tentang cara bikin connection data dari Google spreadsheet ke Excel yang ada di laptop atau PC ( Ms Excel biasa ).Namun waktu itu saya memakai ms office 2019.MS.Office 2019Beberap… Read More
  • Fungsi $ dalam RUMUS EXCELKalau melihat gambar di atas sobat excel-e mngkin sering ketemu di dalam rumus rumus excel,biasanya ada tanda string di depan ,Tengah atau malah dua dua nya ..,.Untuk sobat yang baru mengenal excel pengetahuan ini sangat mend… Read More
  • CARA MUDAH BIKIN NOMOR URUT DI MS EXCELYups,Penomeran hampir di semua kerjaan excel akan kita temui dan mau gak mau kita kerjakan,Cuman yang membedakan adalah cara membuat nomor urut tersebut.Ada beberapa cara yang masing masing mempunyai cara sendiri , atau kebia… Read More
  • MODIFIKASI RIBBON BAWAAN MS EXCELApa yang terlintas di benak sobat dari judul di atas ....??Yups Ribbon excel adalah menu yang ada di halaman utama MS.Excel saat kita pertama kali membuka lembar kerja.Secara default excel sudah menentukan MENU apa aja yang a… Read More
  • MODIF-ikasi menu RIBBON di excelAssalamualaikum sobat sobat EXCEL-e...Mungkin sobat Excel-e ada yang baru mendengar dengan ribbon excel,Ribbon excel adalah menu yang ada di atas tampilan MS excel saat kita gunakan.Lalu mengapa harus di modifikasi .....???Ag… Read More

0 comments:

Post a Comment

Translate This Blog

Total Pageviews

961

Popular Posts

Facebook Page