Tuesday, June 30, 2020


Pagi sobat excel,Sebelumnya saya pernah share tentang cara bikin connection data dari Google spreadsheet ke Excel yang ada di laptop atau PC ( Ms Excel biasa ).
Namun waktu itu saya memakai ms office 2019.

MS.Office 2019

Beberapa hari kemudian ada sobat excel kenapa di ms office 2016 cara di atas tidak bisa berjalan
Karena yang muncul kalau saat klik dari DATA >>>From Web sbb :


Apakah di 2016 cara di atas tidak bisa di pakai ,Tenang aja masih bisa kok ,hanya sedikit berbeda cara mencarinya ,Berikut caranya :

Dari Ribbon Data >>>New Query >>>From Other Sources >>>From web
Nanti akan muncul message seperti di bawah ini :


Nha stepsnya sama kayak video di youtube di atas :
  • File spreadsheeet yang akan di ambil datanya di set agak bisa di edit
  • Copy file link datanya
  • https://docs.google.com/spreadsheets/d/1zm3E4YE4O4355m6t4SkFPP7O8o8CT321BT-1tGiViP7Fb8/edit?usp=sharing ( edit ganti dengan export?usp dengan format=sharing ganti dengan xlsx , Jadi setelah garis miring formatnya di ganti /export?format=xlsx

  • Nanti akan muncul message box seperti di atas,di kolom kiri menunjukkan nama sheet yang ada di file google spreadsheet ,tinggal pilih saja sheet yang mana yang akan di link ke excel umum.
  • Langkah berikutnya tinggal di load
  • Dan tunggu sampai data selesai di uploade,
  • Kalau ada perubahan data maka tinggal di refresh aja datanya dari tombol refresh di excel.
Oke sobat excel
Semoga cara ini berguna bagi temen temen yang lagi mencari cara link dari spreadsheet ke Ms excel umum .

Salam






0 comments:

Post a Comment

Translate This Blog

Total Pageviews

Popular Posts

Facebook Page